Proker

PROGRAM KERJA PENGURUS RW 10
KEL. BARU KEC.PASAR REBO , JAKARTA TIMUR
PERIODE 2011 – 2015

I. PENDAHULUAN

Setelah kepengurusan RW 10 dan kepengurusan RT di wilayah RW 10 periode 2008 – 2011 terbentuk, langkah pengurus berikutnya adalah menyusun program kerja serta segera melaksanakannya. Jajaran pengurus berharap dan berusaha dapat menampung aspirasi warga dalam penyusunan program kerja RW. Dan sangat mengharapkan partisipasi aktif seluruh warga RW 10 agar semua program yang disusun dapat terlaksana dengan baik. Kepercayaan yang diberikan kepada kita sebuah amanah semoga kita semua dapat melaksanakannya sepenuh hati. Mudah-mudahan Pengurus RW & RT yang baru bisa bersikap obyektif dalam mengambil setiap keputusan yang berhubungan dengan seluruh warga. Pengurus diharapkan bisa menciptakan kembali rasa kebersamaan bagi seluruh warga di lingkungan RW 10 yang akhir-akhir ini mulai luntur. Tradisi kunjungan silaturahmi Ketua RW dan jajaran pengurusnya ke masing-masing Pengurus RT serta para Pengurus RT ke warganya harus kembali dihidupkan. Hal ini penting guna terus menjalin komunikasi antar warga. Sehingga wargapun dengan sendirinya akan memberikan dukungan setiap kebijakan dan program yang dikeluarkan pihak RW/RT.
Terkait penyusunan program dan kebijakan kita tidak perlu ikut-ikutan seperti pejabat tinggi di negeri ini yang latah jika ada pergantian pejabat, maka lahir pula kebijakan baru. Kita tidak perlu buat kebijakan baru, jika pelaksanaannya nol. Kami berharap kita dapat menyusun program yang realistis sesuai kemampuan kita, terutama dari segi pendanaan.
Secara umum program kerja yang akan disusun dan dilaksanakan Pengurus RW 10 periode 2008-2011 masih berusaha melanjutkan dan menyempurnakan sebagian program pengurus periode sebelumnya. Baik di bidang operasianal maupun bidang pendukung lainnya. Bidang-bidang operasional meliputi bidang Keamanan, bidang Pemeliharaan Lingkungan dan Pembangunan. Sedangkan bidang-bidang pendukung diantaranya bidang Sosial dan Kesejahteraan, bidang Pemuda, Olahraga & Seni, bidang Umum dan Perlengkapan, bidang Pemberdayaan Wanita & PKK, bidang Kerohanian serta Humas.

II. PROGRAM KERJA BIDANG OPERASIONAL:

A. KEAMANAN
1. Demi tertib dan aman serta untuk membedakan antara penghuni/warga blok C dengan tamu, pada saat keluar masuk pos penjagaan maka atas persetujuan pengurus dan Ketua RW 010, untuk itu kartu tanda kendaraan (mobil/motor) warga/penghuni selama ini sudah berjalan akan diganti dengan stiker kendaraan yang tertera no polisi kendaran tersebut. Warga akan dikenakan biaya penggantian pembuatan stiker.
2. Untuk lebih terjaminnya keamanan kendaraan warga/penghuni maka portal/gerbang blok C akan dilaksanakan buka tutup selama 24 jam. Seluruh warga yang keluar masuk blok C yang menggunakan kendaraan agar membuka kaca mobil dan membuka helm pada saat melewati gerbang/portal blok C. Hal ini berguna agar petugas keamanan dapat mengetahui pengendara kendaraan tersebut.
3. Gerbang /portal yang akan dibuka tutup hanya gerbang/portal sebelah kiri pos keamanan (jalan masuk blok C), sedangkan portal yang sebelah kanan pos selalu ditutup dan dibuka hanya pada pukul 06.00 s.d 08.00 WIB setiap hari kerja. Ini dilakukan agar lebih mudah dalam pengontrolan keluar masuk kendaraan.
4. Setiap warga /KK menginformasikan kepada tamu yang akan berkunjung untuk melapor dan meninggalkan identitas yang jelas agar lebih mudah dalam pengontrolan.
5. Bagi anggota satpam yang berhalangan hadir/tidak masuk (sakit/keperluan yang tidak bisa ditinggalkan), akan diganti (wajib) dengan petugas/satpam yang sedang libur pada saat itu. Untuk itu bagi satpam yang menggantikan diberikan kompensasi sebanyak 2 (dua) kali uang makan.
6. Petugas/satpam yang berhalangan hadir/tidak masuk wajib menghubungi petugas/satpam yang sedang libur untuk menggantikan tugas jaga, sehingga satpam yang bertugas tetap 2 (dua) orang setiap shift.
7. Akan digantikan pasangan jaga (rolling) bagi setiap anggota satpam setiap 3 (tiga) bulan sekali (tentative tergantung situasi). Hal ini diharapkan akan meningkatkan kepedulian, tanggungjawab dan kekompakan antar sesama anggota satpam.
8. Setiap 3 (tiga) bulan akan diadakan penilaian kinerja setiap anggota satpam. Anggota satpam yang berprestasi baik akan diberikan kompensasi/penghargaan (tergantung situasi kas RW 10). Bagi satpam yang dinilai memiliki kinerja buruk/tidak memuaskan akan diberikan tegoran/peringatan berupa SP (Surat Peringatan). Jika satpam tersebut berturut-turut 2 (dua) kali mendapatkan SP, selanjutnya dipertimbangkan untuk diganti/dipecat.
9. Setiap petugas satpam wajib mematuhi jam masuk dan jam pulang/selesai jaga, dan melaksanakan serah terima penjagaan antara petugas yang lama dengan yang baru serta menginformasikan kejadian-kejadian yang ada kepada petugas yang baru melaksanakan tugas jaga.
10. Petugas satpam wajib menjaga inventaris penjagaan/pos penjagaan dan memelihara kebersihan dan ketertiban pos jaga dengan baik.

B. PEMELIHARAAN LINGKUNGAN DAN PEMBANGUNAN
1. Pelaksanaan Kerja Bakti secara periodik.
Pekerjaan gotong royong ini sudah mutlak dilaksanankan untuk memperbaiki saluran (got) yang terus digenangi Lumpur,kebanyakan limbah dari renovasi rumah (bahan bangunan) yang tertumpah ke saluran.
2. Penataan Saluran dilingkungan villa Ciater. Pekerjaan ini di laksanakan secara bertahap dikarenakan banyak memakan biaya. Hal yang segera dilaksanakan adalah pembuatan pintu keluar air. Dipintu satu dan pintu dua secara buka tutup dengan menggunakan plat besi.
3. Perwatan Penghijauan secara terstruktur.
4. Membuat taman bacaan dilingkuanan fasum.
5. Pelaksanaan pemisahan sampah organic dan an organic di rumah tangga masing2, dengan memberikan penjelasan terlebuh dahulu ke warga.
6. Survei Jentik nyamuk dan abatesasi secara periodic
7. Sosialisasi Masalah program kesehatan di lingkungan sekitar.
8. Pengasapan nyamuk secara periodik.

III. PROGRAM KERJA BIDANG PENDUKUNG
A. SOSIAL DAN KESEJAHTERAAN
1. Mengadakan jimpitan beras ke tiap warga.
2. Membantu moril dan materil untuk keluarga yang terkena musibah.

B. PEMUDA, OLAHRAGA & SENI.
1. Memfasilitasi berdirinya Karang Taruna.
2. Membimbing kegiatan Karang Taruna
3. Memfasilitasi bakat-bakat seni dan olah raga warga dengan menyelenggarakan/ mengikut sertakan lomba-lomba dan pertunjukan di bidang seni dan olah raga.

C. UMUM DAN PERLENGKAPAN
1. Penyediaan alat-alat/perlengkapan yang diperlukan dalam kegiatan RW.
2. Pemeliharaan alat-alat/perlengkapan milik RW.

D. PEMBERDAYAAN WANITA & PKK
1. Mendorong dan memberi dukungan kegiatan arisan dan pengajian ibu-ibu.
2. Sosialisasi kesehatan warga.
3. Menyelenggarakan Pos Yandu untuk Balita.

E. KEROHANIAN
1. Menyelenggarakan hari-hari besar keagamaan
2. Menciptakan suasana kekeluargaan dan toleransi antara umat bergama.

F. HUMAS.
1. Mengadakan sosialisasi program-program RW.
2. Mengadakan sosialisasi kebijakan-kebijakan Kelurahan, walikota dan seterusnya untuk dilaksanakan warga.

IV. PENUTUP
Demikianlah Program Kerja RW ini kami buat, sebagai acuan dalam melaksanakan kegiatan RW. Seoptimal mungkin pengurus berusaha untuk dapat melaksanakan program-program yang telah ditetapkan. Keberhasilan pengurus dalam melaksanakan program tentu saja bergantung pada partisifasi warga. Jika seluruh warga mendukung program-program yang telah ditetapkan, baik moril maupun materil, insya Allah program-program dapat terealisasi dan sukses.

Jakarta, 1 Juni 2011
Ketua RW 10 Kel. Baru Jaktim

Wasiran S,Pd
Sekretaris RW 10

Zunaedi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s